Kamis, 27 April 2017

Bali Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai

| 1.122 Views
id Peluncuran bpnt, Bantuan Pangan Non Tunai, Bulog Regional Bali,
Bali Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai
Peluncuran Program Pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Denpasar. (Istimewa)
Denpasar (Antara Bali) - Program Pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara nasional diluncurkan, dan untuk daerah Bali dilaksanakan di kota Denpasar dengan pagu 3.851 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM), masing-masing 10 kg beras (beraskita) dan dua kg gula (maniskita).

"BPNT merupakan program pemerintah yang telah dilaksanakan sebelumnya bagi penerima raskin (rastra)," kata Plt Kepala Perum Bulog Devisi Regional Bali, I Ketut Ginada, didampingi Kabid Komersial, Cok Istri Murthiana sesuai acara peluncuran tersebut di Denpasar Kamis.

Ia menjelaskan, dengan adanya peluncuran BPNT itu maka selain kota Denpasar, masyarakat di kabupaten lainnya di Wilayah Bali masih tetap mendapatkan jatah Raskin 2017, sedangkan persediaan komoditas BPNT berupa beras dan gula dari Perum Bulog Divre Bali sesuai alokasi yang ada siap untuk disalurkan.

Dalam peluncuran perdana yang dilakukan di kota Denpasar ditetapkan perwakilan perdananya di empat titik agen dari 18 yang ada dan merupakan agen senergi Rumah Pangan Kita (RPK) Perum Bulog dengan Himpunan Bank Negara (Himbara).

Sinergi agen RPK Perum Bulog dengan Himbara akan berkembang lagi selain di kota Denpasar berlanjut ke seluruh kabupaten di Pulau Dewata, sesuai lokasi masyarakat yang selama ini menerima Raskin.

Ketut Ginada menambahkan, penyerahan BPNT secara serentak di titik agen yang merupakan sinergi RPK Perum Bulog dengan Himbara yang ditunjuk untuk wilayah kota Denpasar yakni bank BNI, BTN dan Mandiri.

BPNT disalurkan baru dua bulan alokasi yaitu Januari dan Februari 2017 dari 12 bulan, dimana masing-masing perwakilan bank yakni bank BNI untuk Denpasar Timur dan Denpasar Selatan, Bank BTN Denpasar Utara dan Bank Mandiri Denpasar Barat.

Dengan perwakilan peluncuran perdana Denpasar Timur yaitu Desa Penatih dan Penatih Dangin Puri untuk 110 kepala keluarga (KK), Denpasar Selatan di desa/kelurahan Serangan untuk 55 KK, Denpasar Utara di Desa Ubung Kaja untuk 64 KK, dan Denpasar Barat di Desa Pemecutan Kelod untuk 60 KK.

Sementara BPNT selanjutnya untuk desa/kelurahan di kecamatan kota Denpasar akan segera dilakukan penyalurannya setelah Himbara mengajukan pemesanan barang ke Perum Bulog, ujar Cok Istri Murthiana menambahkan. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017