Selasa, 28 Maret 2017

Wagub Bali Ajak Peradah Edukasi Umat Hindu

| 781 Views
id Edukasi Umat Hindu, peradah, peradah bali, pemprov bali
Wagub Bali Ajak Peradah Edukasi Umat Hindu
Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta saat acara Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PAKEMNAS) ke-IX Peradah Indonesia di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar. (Humas Pemprov Bali)
Singaraja (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta mengajak Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia ikut bersama-sama memberikan edukasi kepada umat Hindu di Nusantara dan Pulau Dewata khususnya.

"Kami harapkan anggota Peradah memberikan pemahaman kepada umat kita mengenai upacara agama yang selama ini sering diperdebatkan," kata Wagub Ketut Sudikerta di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, banyak kalangan umat Hindu masih menunjukkan gaya (style) upacara keagamaan mewah. Padahal, dari beberapa rujukan sastra agama, tidak semua jenis upacara harus mewah dan mahal.

"Masih banyak umat yang dengan terpaksa mengeluarkan biaya besar untuk melaksanakan kegiatan ritual agama. Padahal, masih banyak kalangan masyarakat utamanya mereka dengan tataran ekonomi bawah masih susah memenuhi kebutuhan hidupnya.

Wagub Sudikerta mengingatkan pemuda sebagai agen pembangunan masa depan dapat memberikan pemahaman bahwa beragama tidak harus mewah, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan.

"Masih ada kalangan yang mengeluarkan biaya miliaran untuk melaksanakan upacara agama. Bagi yang mampu bagus, tetapi bagi mereka yang tidak bisa, jangan dipaksakan dan harus disesuaikan dengan kemampuan sendiri," kata dia.

Dikatakan pula, pihaknya siap mendukung penuh program DPP Peradah di Bali. Utamanya terkait program-program yang terkait dengan pembangunan dan pengentasan kemiskinan.

"Saya siap dukung penuh program DPP Peradah Bali karena memang wilayah saya di Bali," papar dia.  (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga