Senin, 21 Agustus 2017

Pemkab Buleleng-Batan Kerja Sama Nuklir Untuk Pertanian

| 313 Views
id simposium nuklir, nuklir, batan, undiksha, pemkab buleleng,
Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam hal pengembangan pertanian memanfaatkan energi nuklir.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Singaraja, Minggu, mengatakan, rencana kerja sama tersebut telah dirancang sejak lama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Pemkab Buleleng bahkan juga sudah melihat langsung pemanfaatan nuklir untuk kesehatan, pertanian untuk pascapanen serta benih-benih unggulan di wilayah tersebut.

Ke depan, kata dia, sesuai dengan konsep untuk memajukan pertanian di Kabupaten Buleleng, kerja sama ini bisa diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Malam ini kita tandatangani MoU dengan BATAN. Mudah-mudahan kerja sama ini bermanfaat untuk masyarakat. Pak Kepala BATAN juga sangat mendukung," ungkapnya.

Teknologi pertanian seperti penanganan pascapanen serta bibit unggul akan diserap oleh Pemkab Buleleng dalam kerjasama ini. Teknologi Iradiator gamma juga akan diaplikasikan sesuai standar yang ada.

Untuk diketahui, saat ini sudah dibangun satu di Serpong, Tangerang mengenai pemanfaatan nuklir untuk pertanian. Pemerintah pusat juga sudah mencanangkan pembangunan satu lagi teknologi iradiator gamma.

"Mudah-mudahan pembangunan teknologi iradiator gamma lagi satu bisa kita lobi agar dibangun di Buleleng. Kita usaha untuk lobi dulu agar tujuan tersebut tercapai," imbuh Agus Suradnyana. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga