Selasa, 28 Maret 2017

Satpol PP Karangasem Ikuti Pelatihan Formal

| 715 Views
id Satpol PP Karangasem, Pelatihan Formal Satpol PP, pemkab karangasem
Satpol PP Karangasem Ikuti Pelatihan Formal
Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa saat membuka acara kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal Anggota Satpol PP Kabupaten Karangasem 2016 di Amlapura. (Humas Pemkab Karangasem)
Karangasem (Antara Bali) - Sebanyak 40 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karangasem mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Formal guna meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.

Kegiatan yang dihadiri dan dibuka Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa itu, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada segenap peserta pendidikan perwakilan.

"Anggota Satpol PP hendaknya menjadi pamong yang dapat mengayomi, membina dan mengarahkan. Serta mampu memberdayakan dan memberi motivasi yang bermuara pada pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujar Wabup Artha Dipa sebelumnya membuka acara secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal Anggota Satpol PP Kabupaten Karangasem 2016 di Amlapura, Rabu.

Kegiatan ini sebagai wujud eksistensi dan kesiapsiagaan Satpol PP Kabupaten Karangasem dalam mengemban tugas, serta menghadapi setiap potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutan tertulis dibacakan Wabup Artha Dipa mengingatkan, para anggota Satpol PP yang merupakan Aparatur Sipil Negara penegak Peraturan Daerah (Perda), juga sebagai salah satu alat pemerintah daerah yang berfungsi untuk menjaga stabilitas penyelenggaraan pemerintahan

daerah. Terkait dengan ini, maka memiliki peranan penting dan strategis dalam mengawal dan menyukseskan otonomi daerah.

"Saya berharap setelah pelatihan, saudara dapat melaksanakan tugas dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Karangasem dengan mengedepankan sikap persuasif serta harmonis, menghindari kekerasan serta mengarahkan kepada cara-cara yang manusiawi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karangasem Iwan Supartha mengatakan, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan anggota Satpol PP.

Slain itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan ketentraman dan ketertiban umum, penegakan Perda dan kebijakan daerah lainnya, sehingga mampu bertindak lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

"Pendidikan dan pelatihan ini adalah salah satu upaya kami untuk meningkatkan Sumber Daya anggota Satpol PP Kabupaten Karangasem. Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan untuk menanggani gangguan ketentraman dan ketertiban umum yang terus berkembang," ujar Iwan Supartha.

Pendidikan dan pelatihan formal bagi anggota Satpol PP dilaksanakan selama tiga hari dengan menghadirkan narasumber dari unsur TNI, kepolisian serta pihak Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Karangasem. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga